Bibit Tanaman Buah Unggulan

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Maret 2016

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Maret 2016
Menyediakan berbagai macam bibit tanaman buah unggulan...
#### fast respon WA 0813 2686 6478 ####

=========
Berikut adalahtehnik yangdibutuhkanuntuklangkah menanam pohon pisangsupaya vepat berbuah.
1. Pembibitanberasal dari Tunas Pisang
Biasanya,pada penentuan bibit pisangini digunakanbersama memakaitunas. Tinggi tunas yangkebanyakan digunakan untukjadibibit adalah yangmempunyai tinggikurang lebih 1 – 1.5 m yangmilikikelebaran umbikurang lebih 15 – 20 cm. Untukmemperolehhasil yang terbaik, sebaiknya anakan yang digunakan adalah yangdisita dari tanaman pisang yangjuga dalam kategori yang sehatserta baik. Selain itu, ketinggiandari bibit tanaman initerhitung akan berpengaruhpadaproduksi dari tanaman pisangitu sendiri.
Pada bibit anakan tanaman pisang ini sendiriterhitungdibagijadi dua jenis: anakan tuaserta muda. Dalamhalini, anakan dewasabakal memilikipotensi untuk lebih baik dijadikan bibitdikarenakankesiapannya lebih matang,yakni udah punyaicalon bunga dan persediaan makanan yangtersedia didalambatang. Selain itu,pemanfaatan tunas bibit yangmasihbersifat tombak dan daun yangmasih sepertipedangjuga lebih dibaik daripada daunberasal daritunasudah melebar.
Untukmemperoleh bibit,perihalyangbisa kita melakukanadalahbersama dengan langkah membeli atauambilberasal dari kebun sendiri. Pada penanamannya itu sendiri, bibitdapatdi tanampada jarak yang tidakbenar-benarrapat antar pohonnyayaitu dengan jarak 2 x 2m. Pada pohon indukdapat dibiarkanterkandung beberapa tunaskurang lebih 7sampai9 buah tunas. Apabila lebihberasal dari itu, sebaiknyadilakukanpula pemangkasansehingga bisa kurangikuantitas tunas yang ada.
Selain itu,fungsi untukmenjauhkanterkenanya hamaserta penyakitpada tanaman pisang.Biasanyasebelum saat penanaman bibitwajibdijalankan lebihdari satu cara berikut.
             Setelahmemotong tunas tanaman pisang, sebaiknyakami bersihkantanah yangterkandung terhadap tunas tanaman pisang.
             Lakukanlahpenyimpanan bibitpada area yang teduhselama1hingga 2 harisehingga potongan yangterkandungpada umbi pisang mengering. Kemudian, buanglah daun-daun lebar yangterkandungterhadap batang tanaman.
             Lakukanperendamanpada bibit umbi,namun hanya hanyalahleherdari batang sajabersama dengan manfaatkaninsektisida 0.5 – 1%tidak cukup lebih 10 menit. Kemudian bibitdikeringkan kembali
             Apabilatidakpunya insektisida, sebaiknyakitamerendam umbi tanaman pisangbersama mengfungsikanair bersih yang mengalirsepanjang tidak cukup lebih 48 jam.

2. Media Tanam
Untuk perkembangannya, tanaman pisangbisatumbuhbersama mengfungsikantanah yangmempunyai banyak humus,milikipersentase kapur maupun tanah yang berat. Karenaterhadapdasarnya tanaman ini menyerap banyak nutrisi yangterkandung padatanah maka sebaiknya pembudidayaan tanaman pisanggunakantempat tanam atau tanah berhumus yangtelahditunaikan pemupukan.
Selain itu, airjuga kuduada untuk menumbuhkan tanaman pisang. Meskipunterlampaudibutuhkan,tapi kami tidak bolehmembuat tanamanberikut tergenang oleh air. Tetapi,penanamanberasal dari tanaman pisang itu sendiriperludiairi secara intensif. Apabila tanaman pisang ditanamterhadap tanahyang basah, ketinggian air yangdiperlukan untuk menanam adalah 5hingga200 cm.
Apabila diarea 1/2 basah adalahkira-kira 100 – 200 cm dankalauditempat yang tergolong keringyakni 50 – 150 cm. Apabilatempattanam yang digunakanberbentuk tanah yangsebelumnya udah mengalami erosi, maka hasil panen yangdihasilkanberasal dari tanaman pisang tidakdapat maksimal.Selain itu, tanah yangdibutuhkan untuk menanam pisang adalah tanahyang tergolonggampang untuk menyerap air. Selain, itutanaman pisang tidaksanggup tumbuhkalautanah yang digunakanmengandung garamkurang lebih 0.07%.
3. Pengolahan Media Tanam Pisang
Cara menanam pohon pisangterlalugampang yaitu denganpenglolahansarana tanam yang baik. Ketikamembukalahan yangbakal digunakan untuk menanam. Sebaiknya lahan yangbakaldigunakantelah dipertimbangkan sematang mungkin,terutamadibagian iklim, ekonomi,serta letak pasardaerah dimana pisangsesudah itu dapat diolah kembali.Selain ituwajib diperhatikan pulaberasal darikeamananberasal dari daerah menanam tanamannya.
Lahan yang digunakanjuga sebaiknyaudahbersihdari hama-hama penggangu yangsekiranyadikemudian hari dikhawatirkanbakal menggangusistem pertumbuhanberasal dari tanaman pisang itu sendiri. Danharusdilakukannya penggeburan tanahsupaya terjadinyaproses pertukaranudaradan juga racun-racun yangterkandung di tanah danmengakibatkan saluran irigasiagar saluran airmampudikontrol dan tidaksebabkan tanaman pisangberoleh benar-benarbanyak airdalam sistem pertumbuhannya.
Selain itu, tanah sebaiknyadibuat teras seumpamaposisi tanah berada dikeadaan tanah yang miring,sebaiknyadibuat beranda supaya suasanatanahmampu digunakan untuk menanam. Tanamlah tanamanlayaknyalamtorofungsi ntukmemeliharatanahsehingga tidak terjadinya erosi.
Pembuatan saluran airlantas sebaiknyadibuatbersama dengan kemiringan yang kecilkalauberada di tanah yang datar. Kemudianterhadap lebihkurang saluran air ditanami tanamansupayamenjauhi erosipada saluranair yangsudah dibuat.
4. Teknik Menanam Pisang
Pada 3 bulan pertama, buatlah jarak antar tanaman yangterbilanglumayan lebar. Gunakan pola tanaman tumpeng sari antartanman. Kemudian buatlah lubang tanamdengan ukuran lubang50 x 50 x 50 cmpada tanah yang tergolong berat, 30 x 30 x 30 cmuntuk tanah gembur dan kerapatan antar tanaan 3 x 3 untuk tanah yang berukurantengahdan 3.3 x 3.3 untuk tanah yang berat. Cara menanam Pohon pisangdilaksanakanmenjelang musim penghujan,pada mulanya lubangkududiberikan pupuk organic sebanyak 15 – 20 kg. Denganmemberikan pupuk organic, maka buah yangdihasilkanpundapat menjadi lebih baik.
5. Teknik Pemeliharaan Tanaman pisang
Untukberoleh hasil yangtanaman pisang yang baik. Maka sebaiknyadilaksanakanpemotonganpada tanaman pisangsampai terddiri atas 3 – 4batangpada satu rumpun. Apabilasudah memasukitahunkelima, maka sebaiknya rumpun digantibersama tanamanyang baru.
Proses penyianganperlu secararegulardijalankan fungsiuntukmembersihkan rumput liar atau hama parasite yang beradapadasekitar tanaman pisang. Sepertisistempenyainganpada umumnya, sebaiknnyaditunaikansistem penggemburan tanah dan menimbunlagi dappuranoleh tanahsehingga tunas danbakal semakin banyak. Hati-hatidisaat sedang melakukanpenyiangansebab akar tanaman pisang initerbilangamat pendek,yakni cuma15 cmdibawah permukaandari tanah.
Membersihkan daun-daun yangtelah merasamengering juga wajibdijalankan fungsiuntukmemelihara kebersihan tanaman dan lingkungan,perihalini biasa disebutbersama dengan perempalan.
Lakukanlah penyiramansupaya tanaman pisangyang ditanamsanggup tumbuh subur danmembuahkankuantitas memproses pisang yangbanyak. Berikanlah air kepada tanamanbersama caramenyiraminya ataudengan memberikan airpada parit-parit yang beradadikurang lebih tanaman pisang.
Biasanya, hama yang beradaterhadap tanaman pisang iniadalah ulat buah, ulat daun, dan ulat bunga. Cara termudah mengatasinya adalahbersamadengan langkah manfaatkaninsektisidalayaknya Malathion dan Pestona.
6. Ketinggian Tempat Menanam Pisang
Sebenarnya, tanaman pisang ini tergolong tanaman yangbisaditanamdimana saja,yaitu mampu menerimasituasi dataran tinggidan juga kekeringan.Apabila di Indonesia,terhadap kebanyakan pisangdapattumbuh dan berkembang di dataran rendahsampai pegununganbersamadengan ketinggian yangcapai 2.000 mdpl.Tetapi, untuktype yang lainnyabisaraih ketinggian 1.000 mdpl

Tips Menanam Pisang

Iklim yangdiperlukan untuk menumbuhkan tanamanpisang ini adalah tropis basah, lembab,serta panas. Meskipun begitu,sesungguhnyatanaman pisang initetap sanggup tumbuh diareayang tergolong subtropics. Apabila tanaman ini tumbuh tanpa air suatu ketika,tanaman initetap sanggup hidup dan tumbuhdikarenakanpasokan air yang didapatkandari batang tanaman pisang itusendirisebab batang tanamannyamilikikandungan air.
Tetapi,apabilauntukproduksi pisang,pada kalakekurangan air danhanya manfaatkanairberasal dari batang pisang. Tanaman ini tidakmampumenumbuhkan buahnya.
             Angintermasukberpotensi untuk mengganguperkembangan berasal daritanaman pisang itu sendiri, sebagaisemisal apabilaanginbersama dengan kecepatan tinggilayaknya anginkumbang yang berpotensisanggup menyebabkan kerusakan daun.
             Makaangindapat mempengaruhi perkembangandari tanaman itu sendiri.
             Dalamsuasanahujan yang dibutuhkan. Curah hujan yang tergolong optimal untukpertumbuhantanaman pisang adalah 1.520 – 3.800 mm/tahun dan 2 bulan kering.
             Selainitu, perbedaan curah hujanjuga harusdisesuaikan dengan ketinggian air tanahsehinggatanah yang digunakan untuk menanam tanaman pisang tidak tergenang.



=========
Menyediakan berbagai macam bibit tanaman buah unggulan...
#### fast respon WA 0813 2686 6478 ####

Related Images with Bibit Pisang Kultur Jaringan: Maret 2016

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Budi Daya Tanaman Pisang kebun contoh

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Budi Daya Tanaman Pisang kebun contoh

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan Siap Tanam

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan Siap Tanam

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan Siap Tanam

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan Siap Tanam

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan Siap Tanam

Bibit Pisang Kultur Jaringan: Sedia Bibit Pisang Kultur Jaringan Siap Tanam

Tidak Ada Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel