Bibit Tanaman Buah Unggulan

Waktu Panen Buah Pisang dan Caranya Gimana yach? Tips Petani

Waktu Panen Buah Pisang dan Caranya Gimana yach?  Tips Petani
Menyediakan berbagai macam bibit tanaman buah unggulan...
#### fast respon WA 0813 2686 6478 ####

=========
Berikut adalahteknik yangdiperlukanuntuklangkah menanam pohon pisangsehingga vepat berbuah.
1. Pembibitandari Tunas Pisang
Biasanya,terhadap pemilihan bibit pisangini digunakandengan manfaatkantunas. Tinggi tunas yangbiasanya digunakan untukmenjadibibit adalah yangmemiliki tinggikira-kira 1 – 1.5 m yangpunyakelebaran umbikurang lebih 15 – 20 cm. Untukmemperolehhasil yang terbaik, sebaiknya anakan yang digunakan adalah yangdisita berasal dari tanaman pisang yangterhitung didalam kategori yang sehatserta baik. Selain itu, ketinggiandari bibit tanaman initerhitung bakal berpengaruhterhadapmemproduksi berasal dari tanaman pisangitu sendiri.
Pada bibit anakan tanaman pisang ini sendiriterhitungdibagimenjadi dua jenis: anakan tuadan juga muda. Dalamhalini, anakan dewasaakan punyapotensi untuk lebih baik dijadikan bibitdikarenakankesiapannya lebih matang,yakni telah memilikicalon bunga dan persediaan makanan yangtersedia didalambatang. Selain itu,penggunaan tunas bibit yangtetapberupa tombak dan daun yangtetap sepertipedangterhitung lebih dibaik daripada daunberasal daritunasudah melebar.
Untukmeraih bibit,perihalyangmampu kita jalankanadalahbersama dengan langkah belanja atauambildari kebun sendiri. Pada penanamannya itu sendiri, bibitakandi tanampada jarak yang tidakterlalurapat antar pohonnyayaitu dengan jarak 2 x 2m. Pada pohon indukbakal dibiarkanterkandung beberapa tunassekitar 7hingga9 buah tunas. Apabila lebihberasal dari itu, sebaiknyadilaksanakanpula pemangkasansehingga bisa kurangikuantitas tunas yang ada.
Selain itu,fungsi untukjauhiterkenanya hamaserta penyakitpada tanaman pisang.Biasanyasebelum saat penanaman bibitkududitunaikan beberapa cara berikut.
             Setelahmemotong tunas tanaman pisang, sebaiknyakami membersihkantanah yangterkandung pada tunas tanaman pisang.
             Lakukanlahpenyimpanan bibitterhadap tempat yang teduhsepanjang1sampai 2 hariagar potongan yangterkandungpada umbi pisang mengering. Kemudian, buanglah daun-daun lebar yangterdapatterhadap batang tanaman.
             Lakukanperendamanpada bibit umbi,tetapi hanya semata-mataleherdari batang sajabersama dengan manfaatkaninsektisida 0.5 – 1%tidak cukup lebih 10 menit. Kemudian bibitdikeringkan kembali
             Apabilatidakpunya insektisida, sebaiknyakitamerendam umbi tanaman pisangbersama dengan pakaiair bersih yang mengalirsepanjang tidak cukup lebih 48 jam.

2. Media Tanam
Untuk perkembangannya, tanaman pisangsangguptumbuhdengan manfaatkantanah yangpunya banyak humus,punyakadar kapur maupun tanah yang berat. Karenapadadasarnya tanaman ini menyerap banyak nutrisi yangterkandung padatanah maka sebaiknya pembudidayaan tanaman pisangmemanfaatkanfasilitas tanam atau tanah berhumus yangtelahdijalankan pemupukan.
Selain itu, airtermasuk harusada untuk menumbuhkan tanaman pisang. Meskipunsangatdibutuhkan,tapi kami tidak bolehmemicu tanamanberikut tergenang oleh air. Tetapi,penanamanberasal dari tanaman pisang itu sendiriharusdiairi secara intensif. Apabila tanaman pisang ditanampada tanahyang basah, ketinggian air yangdiperlukan untuk menanam adalah 5sampai200 cm.
Apabila didaerah 1/2 basah adalahkira-kira 100 – 200 cm danseandainyaditempat yang tergolong keringyakni 50 – 150 cm. Apabilasaranatanam yang digunakanberupa tanah yangsebelumnya sudah mengalami erosi, maka hasil panen yangdihasilkanberasal dari tanaman pisang tidakdapat maksimal.Selain itu, tanah yangdiperlukan untuk menanam pisang adalah tanahyang tergolongmudah untuk menyerap air. Selain, itutanaman pisang tidakbisa tumbuhjikalautanah yang digunakanpunyakandungan garamlebih kurang 0.07%.
3. Pengolahan Media Tanam Pisang
Cara menanam pohon pisangamatenteng yakni bersama denganpenglolahanmedia tanam yang baik. Ketikamengakseslahan yangakan digunakan untuk menanam. Sebaiknya lahan yangbakaldigunakanudah dipertimbangkan sematang mungkin,khususnyadibagian iklim, ekonomi,serta letak pasardaerah dimana pisangsesudah itu akan diolah kembali.Selain ituwajib diperhatikan pulaberasal darikeamanandari tempat menanam tanamannya.
Lahan yang digunakanjuga sebaiknyasudahbersihberasal dari hama-hama penggangu yangandaikandikemudian hari dikhawatirkanakan mengganguproses pertumbuhanberasal dari tanaman pisang itu sendiri. Danharusdilakukannya penggeburan tanahagar terjadinyaproses pertukaranhawaserta racun-racun yangterkandung di tanah danmemicu saluran irigasiagar saluran airmampudikontrol dan tidakmenyebabkan tanaman pisangmemperoleh benar-benarbanyak airdidalam proses pertumbuhannya.
Selain itu, tanah sebaiknyadibikin beranda jikaposisi tanah berada disuasana tanah yang miring,sebaiknyadibikin beranda sehingga kondisitanahdapat digunakan untuk menanam. Tanamlah tanamanlayaknyalamtorokegunaan ntukmenjagatanahsupaya tidak terjadinya erosi.
Pembuatan saluran airkemudian sebaiknyadibuatdengan kemiringan yang kecilseandainyaberada di tanah yang datar. Kemudianpada sekitar saluran air ditanami tanamansehinggamenjauhi erosipada saluranair yangtelah dibuat.
4. Teknik Menanam Pisang
Pada 3 bulan pertama, buatlah jarak antar tanaman yangterbilanglumayan lebar. Gunakan pola tanaman tumpeng sari antartanman. Kemudian buatlah lubang tanambersama ukuran lubang50 x 50 x 50 cmterhadap tanah yang tergolong berat, 30 x 30 x 30 cmuntuk tanah gembur dan kerapatan antar tanaan 3 x 3 untuk tanah yang berukuransedangdan 3.3 x 3.3 untuk tanah yang berat. Cara menanam Pohon pisangdikerjakanmenjelang musim penghujan,pada mulanya lubangwajibdiberikan pupuk organic sebanyak 15 – 20 kg. Denganmemberikan pupuk organic, maka buah yangdihasilkanpunbakal menjadi lebih baik.
5. Teknik Pemeliharaan Tanaman pisang
Untukberoleh hasil yangtanaman pisang yang baik. Maka sebaiknyadikerjakanpemotonganpada tanaman pisanghingga terddiri atas 3 – 4batangterhadap satu rumpun. Apabilaudah memasukitahunkelima, maka sebaiknya rumpun digantibersama dengan tanamanyang baru.
Proses penyianganharus secararegulardilakukan fungsiuntukmembersihkan rumput liar atau hama parasite yang beradaterhadapkurang lebih tanaman pisang. Sepertisistempenyainganpada umumnya, sebaiknnyadilakukansistem penggemburan tanah dan menimbunlagi dappuranoleh tanahsehingga tunas danakan makinlama banyak. Hati-hatisaat sedang lakukanpenyiangangara-gara akar tanaman pisang initerbilangsangat pendek,yakni hanya15 cmdi bawah permukaandari tanah.
Membersihkan daun-daun yangudah jadijadi kering juga kududilakukan kegunaanuntukmerawat kebersihan tanaman dan lingkungan,perihalini biasa disebutdengan perempalan.
Lakukanlah penyiramansupaya tanaman pisangyang ditanammampu tumbuh subur danmenghasilkanjumlah memproses pisang yangbanyak. Berikanlah air kepada tanamanbersama langkahmenyiraminya ataudengan menambahkan airpada parit-parit yang beradadilebih kurang tanaman pisang.
Biasanya, hama yang beradaterhadap tanaman pisang iniadalah ulat buah, ulat daun, dan ulat bunga. Cara termudah mengatasinya adalahbersamadengan cara memanfaatkaninsektisidalayaknya Malathion dan Pestona.
6. Ketinggian Tempat Menanam Pisang
Sebenarnya, tanaman pisang ini tergolong tanaman yangdapatditanamdimana saja,yakni dapat terimasuasana dataran tinggiserta kekeringan.Apabila di Indonesia,terhadap umumnya pisangmamputumbuh dan berkembang di dataran rendahhingga pegununganbersamadengan ketinggian yangcapai 2.000 mdpl.Tetapi, untuktype yang lainnyasanggupmenggapai ketinggian 1.000 mdpl

Tips Menanam Pisang

Iklim yangdibutuhkan untuk menumbuhkan tanamanpisang ini adalah tropis basah, lembab,serta panas. Meskipun begitu,sebenarnyatanaman pisang initetap sanggup tumbuh ditempatyang tergolong subtropics. Apabila tanaman ini tumbuh tanpa air suatu ketika,tanaman initetap bisa hidup dan tumbuhsebabpasokan air yang didapatkanberasal dari batang tanaman pisang itusendirikarena batang tanamannyapunyaipersentase air.
Tetapi,andaikatauntukproduksi pisang,pada waktukekurangan air dancuma pakaiairberasal dari batang pisang. Tanaman ini tidakmampumenumbuhkan buahnya.
             Anginterhitungberpotensi untuk menggangupertumbuhan berasal daritanaman pisang itu sendiri, sebagaiumpama andaikataangindengan kecepatan tinggilayaknya anginkumbang yang berpotensimampu menyebabkan kerusakan daun.
             Makaanginakan merubah pertumbuhanberasal dari tanaman itu sendiri.
             Dalamkeadaanhujan yang dibutuhkan. Curah hujan yang tergolong optimal untukpertumbuhantanaman pisang adalah 1.520 – 3.800 mm/tahun dan 2 bulan kering.
             Selainitu, perbedaan curah hujantermasuk kududisesuaikan dengan ketinggian air tanahsehinggatanah yang digunakan untuk menanam tanaman pisang tidak tergenang.



=========
Menyediakan berbagai macam bibit tanaman buah unggulan...
#### fast respon WA 0813 2686 6478 ####

Related Images with Waktu Panen Buah Pisang dan Caranya Gimana yach? Tips Petani

Man Bio: Bibit Pisang Kuturjaringan Ready stock

Man Bio: Bibit Pisang Kuturjaringan Ready stock

Bibit Pisang Kepok Di Lampung,Bibit Pisang Kepok Jawa Tengah,Jual Bibit Pisang Kepok Kuning

Bibit Pisang Kepok Di Lampung,Bibit Pisang Kepok Jawa Tengah,Jual Bibit Pisang Kepok Kuning

Wa +62 82327732765, Jual Bibit Pisang Kepok Kuning Susu Mas Di KAB…

Wa +62 82327732765, Jual Bibit Pisang Kepok Kuning Susu Mas Di KAB…

082220830527 Tsel Jual Bibit Pisang Kepok Kuning, Jual Bibit Pisang Mas Kirana, YouTube

082220830527 Tsel Jual Bibit Pisang Kepok Kuning, Jual Bibit Pisang Mas Kirana,  YouTube

Tidak Ada Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel